GEBYAR PRAMUKA PRIBADI BANGSAKU

SUBANG, Sebaik-baiknya manusia ialah yang mampu memberikan manfaat bagi manusia lainnya. Pepatah itu menyatakan bahwa nilai manusia ditentukan oleh manfaatnya kepada manusia lainnya dan lingkungan sekitarnya. Berdasarkan hal tersebut maka Gerakan Pramuka harus mampu mengambi perannya secara tepat dalam memberikan manfaat pada pembangunan pribadi-pibadi unggul. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Subang, H. Ojang Sohandi, S.STP, M.Si, mewakili Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat, H. Dede Yusuf dalam sambutannya pada pembukaan Gebyar Pramuka Pribadi Bangsaku Tingkat Jawa Barat 2012 di Subang, Kamis (19/10) di Alun-Alun Subang Kota. Pada acara ini sekaligus meresmikan pembukaan kegiatan Gebyar Pramuka Pribadi Bangsaku.

Tujuan Pramuka Pribadi Bangsaku untuk supaya pramuka bisa terasa perannya di masyarakat.

Pramuka sekarang harus berbeda dengan yang dulu yang harus lebih baik. Mulai dari tutur kata, penampilan dan prestasi. Sehingga menjadi pramuka sejati.

"Kang Ojang khawatir sosok pramuka masuk pada peribahasa, "cing cang keling manuk cingkleun cindeten plos ka kolong bapa satar buleneng"  yang artinya tidak ada artinya," ujarnya. Oleh karena kata Ojang, untuk maju atau mundur adalah pilihan. Seyogyanya melalui Gerakan Pramuka menjadi suatu pilihan sadar sebagai organisasi yang mampu menjadikan pribadi bermanfaat. Diharapkan melalui acara Gebyar Pramuka Pribadi Bangsaku media manjadi Pramuka Sejati.

Pada pembukaan ditampilkan berbagai atraksi keterampilan kepramukaan dan penampilan Peraturan baris-Berbaris musical, angklung, seni Sisingaan, mendirikan menara, beladir tradisional dan aneka keterampilan lainnya. Melalui atraksi yang variatif, tambah Ojang, sebagai motivasi untuk siswa lain yang belum tertarik menjadi tertarik bisa menjadi motivasi menumbuhkan kecintaan pada pramuka..

Menurut Laporan Ketua Pelaksana Kegiatan, Tatang Komara, S.Pd, M.Si bahwa kegiatan ini akan berlangsung sampai dengan 21 Oktober 2012 yang diisi oleh kegiatan kepramukaan. Tujuan kegiatan ini untuk membentuk partisipasi mandiri di Subang. Selanjutnya meningkatkan peranan pramuka di masyarakat bersama lembaga lainnya dalam berkontribusi untuk kepentingan masyarakat.

Pola kegiatan yang dipilih sesuai keadaan yang ada di Kabupaten Subang. Kegiatan ini diikuti 5856 orang peserta dari semua tingkatan dari berbagai Kwartir Ranting se-Kabupaten Subang.

0 komentar:

Poskan Komentar